Rabu, 15 Agustus 2018

Festival Waluh Meningkatkan Kesejahteraan Warga di Kampung KB

        Hari ini Rabu tanggal 15 Agustus 2018 desa Kumpulrejo Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, yang merupakan salah satu Kampung KB di Kabupaten Bojonegoro juga tidak lepas dari upaya memeriahkan hari kemerdekaan RI, dan mungkin upaya memeriahkan HUT RI Ke &# ini juga dilakukan di desa desa lainnya. Salah satu kegiatan lain di desa Kumpulrejo kecamatan Kapas yang dilakukan sebagai rangkaian memeriahkan HUT Republik Indonesia, yang berbeda dan lain dari desa yang lain  adalah Festival Waluh.  Festival Waluh ini merupakan salah satu upaya mengangkat komoditi buah waluh yang banyak di desa. Dan kegiatan ini adalah festival yang kedua kalinya, dimana tahun 2017 juga pernah dilaksanakan kegiatan tersebut. 
       seperti diuraikan diatas Waluh adalah salah satu komoditi pertanian yang banyak dihasilkan dan digalakkan di desa tersebut. dengan berlimpahnya buah waluh saat musim panen membuat masyarakat bingung untuk mengolahnya, sehingga harganya menjadi turun. Dengan adanya ide festival waluh ini diharapkan ekonomi masyarakat dapat terangkat, usaha di bidang olahan makanan (UPPKS) juga dapat terangkat. Dari beberapa hasil olahan, nampaknya ada upaya dari masyarakat untuk melakukan inovasi dan kreasi makanan dengan bahan waluh ini. Beberapa makanan yang merupakah hasil olahan adalah : jenang waluh, makanan ringan dari waluh, wingko waluh, keripik waluh bahkan mie ayam dimana bahan mienya juga ada campuran waluh. 
       Pengunjung yang hadir dalam festival sangat antusias dalam mencoba aneka makanan olahan tersebut. Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Camat Kapas dan Dinas Instansi di lingkup Kecamatan Kapas. Dalam sambutan pembukaan diharapkan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat olahan makanan mendapat support dari dinas terkait, dan kegiatan ini bisa menjadi sarana agenda wisata di desa Kumpulrejo, yang dapat mengenalkan masyarakat di luar tentang desa Kumpulrejo sendiri. 
       Dinas P3AKB (Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana) dengan Penyuluh Keluarga Berencana di lingkup kecamatan Kapas aktif meningkatkan kelompok UPPKS (Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera)  . Pembinaan Kelompok UPPKS oleh Penyuluh Keluarga Berencana wilayah desa tersebut Sri Suhartini, A.Md. rutin dilaksanakan. Pembinaan kepada anggota PIK R juga dengan menggali Life Skillnya. Harapannya sebagai salah satu desa Kampung KB, diharapkan kesejahteraan masyarakat bisa meningkat dengan SDM dan SDA yang ada. Advokasi kepada Kepala Desa juga diberikan, sehingga dukungan akan selalu ada untuk menyukseskan kegiatan program KKBPK.
       Dengan semakin meningkatnya kesejahteraan di desa Kumpulrejo, maka kriteria sebagai desa Kampung KB akan semakin lebih baik, karena masyarakatnya akan lebih sejahtera. Dan hal inilah yang menjadi cita cita dalam Pembangunan KKBPK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar